Rabu, 09 November 2011

Bikin Kencang Tarikan Mega Pro

Ingin punya honda mega pro tarikan lebih kencang, mari kita simak pertanyaan Mas Machrus dengan detikoto.

Jakarta - Salam kenal Mas Topo dan detikOto, saya sebenarnya tidak terlalu paham secara ditel mengenai motor saya. Tapi saya ingin tahu bagaimana caranya membuat tarikan Honda MegaPro standar lebih kencang dengan mesin standar.

Apa yang perlu diganti pada mesin atau setingan apa yang perlu diubah? Karena saya merasa MegaPro milik saya tarikannya berat. RPM-nya tinggi tapi kecepatannya masih lambat.

Mohon bantuannya, terima kasih.
Marchus
Email :
marchus_sanjaya@yahoo.co.id

Jawaban:


Salam kenal sebelumnya buat Bro Marchus di tempat, langsung saja ya Bro. Untuk motor honda Mega Pro buat kebutuhan harian (daily use) cukup memainkan paket PnP/plug n play yang part juga ubahannya tidak begitu banyak dan biayanya juga terjangkau.

Di sini saya jelaskan karena sudah jadi pakem teknik kalau mesin dipaksakan kemampuannya akan banyak efek yang bakal berubah dan berimbas ke umur komponen yang cenderung cepat rusak sebelum waktunya.

Sebenarnya banyak langkah untuk ubahan teknik dan paket bore up mesin yang bisa dilakukan banyak mekanik untuk meningkatkan performa dan kecepatannya.

Tapi disini saya coba untuk memberikan paket hemat dan cara jitu gimana motor bisa menambah tenaga dan kecepatannya tapi tidak merusak dan menguras biaya.

Intinya langkah efektif paket plug n play yang akan saya berikan ini adalah; noken as, spuyer, dan CDI, noken as atau camshaft punya Honda Tiger bisa diaplikasi pemasangannya juga tidak banyak perubahan, kelebihannya pakai noken as Tiger, durasi dan lift kem-nya lebih tinggi dan lebar dibanding MegaPro.

Untuk Tiger lift kem bagian isap (in) lebih tinggi 0,2 mm, sementara buangnya (ex) lebih tinggi 0,3 mm.

Hal ini akan berakibat angkatan klep lebih tinggi, sehingga pasokan bahan bakar ke ruang bakar akan lebih lama dan lebih banyak, logikannya akan wajar kalau berimbas ke tenaga,

Kedua, spuyer di karburator akan lebih pas diganti pilot/main jetnya, tidak perlu terlalu besar tergantung setingan yang sesuai saja, dari standarnya 38/110.

Terakhir, akan lebih maksimal jika sektor pengapiannya diganti dengan tipe racing atau unlimiter, bisa aplikasi CDI aftermarket yang banyak di pasaran kalau memang diperlukan, untuk knalpotnya pakai standartnya saja dulu, dan bisa diliat seberapa penambahan tenaga atau power yang kita dapat.

Saran saya dari ubahan ini kita bisa menterjemahkan teori diatas dan bisa menarik kesimpulan secara teknik bahwa untuk kebutuhan harian dirasa cukup tidak perlu dirubah secara total yang jamak dilakukan untuk ubahan up grade balap yang terlalu banyak dirubah dan diganti dan biaya yang terlalu besar.

Gunakan juga oil mesin yang bagus karena pelumasan yang baik sangat dibutuhkan untuk kinerja mesin motor bakar 4tak.

Demikian sedikit dari saya semoga bisa membantu, tetap safety riding dan selalu gunakan helm berstandar SNI buat keselamatan di jalan. Viva modifikasi.


9 komentar:

  1. mantap..... jadi penasaran
    kalau bisa dikasih referensi benkelnya gan...

    BalasHapus
  2. Saya biasanya di bengkel jalan raya kali rungkut pertigaan lampu merah tepatnya di pojokan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Dicky, tolong dong di share no hp mechanicnya bengkel yg di kali rungkut. Thanks

      Hapus
    2. Mas Dicky, tolong dong di share no hp mechanicnya bengkel yg di kali rungkut. Thanks

      Hapus
    3. Mas Dicky, tolong dong di share no hp mechanicnya bengkel yg di kali rungkut. Thanks

      Hapus
  3. waduh, udah platnya sama, motornya sama, ampe striping jg sma nih.. hehehehe.. :D
    salam kenal brother, ane jg nunggang meggy primus '07 standart. mau nanya nih, kl ganti noken as punyanya si tigor kira" ada efek negatifnya g, cz ane sering geber motor ampe diatas 9000rpm.. maklum, cz ane buat perjalanan jauh 'n trip mancing luar kota.. maturnuwun.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada om, ane udah aplikasi. buat lifting lebih tinggi pake noken as merek takeshi kalo di + cdi sogun kebo atau racing. bisa teriak sampe 12 rb lbh ... lebih jambak dr pada standar dan jangan lupa turunin gear -.-

      Hapus
  4. Kalau pistonnya di ubah ga. Kalau di ubah pake piston apa dan merek apa.?

    BalasHapus