Senin, 06 Agustus 2012

Rumah Sekring Motor Ganti Pakai Punya Mobil

Secara kualitas, rumah sekring bawaan pabrik sudah bagus. Cuma, kalau lama digunakan bisa masalah. Misalnya meleleh dan mesti ganti perangkat baru.

“Namun kalau mau ganti rumah sekering orisinal jarang ada di bengkel umum. Kalaupun ada di bengkel resmi, ini dijual dalam bentuk paket

Ayo Bikin Power Jet Karburator, Bantu Putaran Atas

Maraknya balap trek lurus 500 meter, cenderung memaksa engine bermain di putaran tinggi. Sokongan bahan bakar, musti mumpuni. Kalau tidak, bisa amsyong deh. Tapi, usah kuatir. Ada trik yang bisa diandalakan agar kucuran bahan bakar tetap sempurna. Yaitu, terapkan power jet di karburator.


“Kalau di putaran bawah, belum jalan. Karena power jet akan bekerja seiring bukaan botol skep. Ketika skep terangkat tinggi, bahan bakar akan terisap kevakuman moncong karbu,” sebut Hardi, tunner tim Honda Kawahara Racing PCO Cycle.

Minggu, 05 Agustus 2012

Karakter sebuah mesin

Belajar seluk beluk njerohan motor, emang sangat menyenangkan, tapi apa daya lha wong mau ngubek-ngubek udah keburu kepala puyeng, abisnya tiap hari yang dikotak-katik tentang computer tapi hobinya motor, wis terkadang ora nyambung babar blas…. Eh pas kemaren berselancar kok dapat artikel yang lumayan bikin kesengsem.
Monggo belajar sareng-sareng biar ngerti jenis motor yang tiap hari berseliwiran dijalan..
Mungkin kebanyakan dari kita dalam melihat tenaga motor

Ciri Komponen Pengapian Mati

Sistem pengapian bertugas menyediakan kilatan api untuk membakar bensin yg telah terkompresi. Syaratnya, waktu pengapian harus tepat dan power apiharus kuat. Pengapian lama dikenal tipe platina (konvensional) dan yg modern sudahelektronik (CDI).
Selanjutnya kita kupas khusus pengapianCDI, baik sumber arusnya searah (…aki/DC) maupun bolak-balik (AC/spul).
Komponenya mulai dr spul atau aki, CDI, KOIL, pulser dan busi. Bila terjadi kerusakan mendeteksinya pakai alat khusus, misalnya pakai multitester, spark plug tester atau ignition tester. Sayangnya tidaksemua bengkel memiliki alat ini, apalagi perorangan yg hobi utak-atik dirumah. Nah, ini sedikit berbagi cara mengetahui ciri-ciri kerusakannya.

Upgrade Performa Honda Tiger, Tenaga Dahsyat Tapi Hemat!

OTOMOTIFNET - Honda Tiger merupakan salah satu  motor sport legendaris di Indonesia, beredar sejak akhir 1993. Mesin dan sasis tergolong andal untuk pemakaian harian atau turing keluar kota. Meski begitu, ada saja yang penasaran ingin mengupgrade performanya.

Seperti disampaikan salah satu pembaca ke email Mr. Testo (mr.testo10@gmail.com). “Apa saja sih yang bisa dilakukan agar si Macan makin mengaum? Namun dengan dana pelajar alias ekonomis,” tanyanya.

Efek Pasang Busi Panjang di Silinder Head Ulir Pendek

Busi ada yang ulirnya panjang, juga pendek. Biasa disebut, busi kepala pendek atau kepala panjang. Masing-masing punya tujuan. Salah pakai bisa bikin mesin tak maksimal.

Soal ini, menurut Dodi Hardianto, manajer marketing PT Denso Indonesia dan Handy Hariko dari PT Astra Honda Motor, mengikuti desain mesinnya. Biasanya mengikuti ketebalan kepala silinder. Supaya ujung elektroda persis rata dengan kubah. Jadi hanya bagian massa yang menonjol.

Lacak Karburator Banjir, Sebab dan Solusinya

Melihat karburator basah terus bikin risih. Motor pun jadi susah hidup. “Penyebab karbu banjir ada beberapa sumber. Pertama, keran bensin dol, jarum pelampung aus, pelampung bocor, setelan pelampung terlalu rendah juga sil mangkok karbu bocor,” ujar Imam Santoso, mekanik Imam Dokter Motor Service.

Misalkan keran bensin manual rusak atau vakumnya enggak fungsi. Meski bensin tak langsung mengucur ke bak karbu lantaran ditahan jarum pelampung, namun bila keseringan dan menyebabkan jarum pelampung aus atau tersumbat kotoran tetap saja bensin bisa mengalir.

Tips Per Skep Karburator, Jangan Asal Potong

Kadang brother merasakan pada saat melintir gas tapi putarannya agak berat atau seret. “Orang banyak yang menyangka itu karena kabel gas yang kotor. Padahal bisa juga dari per skep yang daya pegasnya tidak maksimal,” ungkap Retno Purwanto, mekanik Setia Utama Motor.

Ketika mengalami kejadian seperti itu, banyak bikers yang membawa motornya ke bengkel umum. Dan biasanya banyak mekanik bengkel umum yang memotong per skep. Tujuannya agar grip gas jadi enteng. Tindakan itu belum tentu benar, karena sebenarnya per skep itu tidak boleh asal potong.