Senin, 06 Agustus 2012

Rumah Sekring Motor Ganti Pakai Punya Mobil

Secara kualitas, rumah sekring bawaan pabrik sudah bagus. Cuma, kalau lama digunakan bisa masalah. Misalnya meleleh dan mesti ganti perangkat baru.

“Namun kalau mau ganti rumah sekering orisinal jarang ada di bengkel umum. Kalaupun ada di bengkel resmi, ini dijual dalam bentuk paket
berikut rangkaian kabel kelistrikan bodi. Membuat konsumen keberatan,” ujar Didin Rosidin, mekanik Bike Point Oryx Motor.

Meskipun sulit, Didin mewanti tak perlu gusar. “Adopsi saja rumah berikut sekring yang biasa dipakai mobil. Kebetulan lebih mudah dicari dan memiliki bentuk rumah sekering beragam. Sehinggga dapat menyesuaikan rumah sekring asli motor,” jelas Didin yang pernah menang dalam event mechanic contest yang diselenggarakan oli Castrol itu.

Katanya punya mobil dijual sekitar Rp 20 ribuan. Hanya saja ukuran ampere sekring mesti disesuaikan, asalnya. Kalau aslinya 10 ampere, ukurannya 10 ampere juga,” lanjut mekanik dari Jl. Cipatik No. 46, Soreang, Bandung.

Rumah sekring punya mobil dijual dalam bentuk bolt on alias tinggal pasang. Ada yang disambung antara kabel sekring dengan kabel bodi. Atau ada juga yang disambung langsung dari fitting di kaki sekring dengan kabel bodi.

Lalu fitting diselipkan di rumah sekring mobil. Kalau sudah kelar, sekring tinggal ditancapkan di rumahnya. Jangan lupa sambungan kabel dikasih isolasi agar kuat. 

2 komentar: