Rabu, 02 November 2011

Doping 3 DK Buat Honda GL Pro Neotech

Nih gan dapat info dari otomotifnet. Kendati keberadaannya sudah digantikan Mega Pro, namun pemakai GL Pro Neotech masih berjibun. Itu terlihat masih banyak yang berlalu-lalang di jalanan Ibu Kota.

Namun umur yang sudah uzur, tentu performanya jadi menurun. Nah bagaimana agar performa motor 160 cc ini kembali segar? Seperti banyak diminta otomania lewat email Mr. Testo (mr.testo10@gmail.com).


Tenang, tiru aja gaya Bemo Dwi Aryanto pada tunggangan kesayangannya. Pengerjaan diserahkan pada bengkel Ondols Selatan Motor (OSM)  di Jl. Praja Dalam E No. 35 Gg. H. Maih Kebayoran Lama, Jaksel.


Kelar diutak-atik Nasrudin Kamil, mekanik OSM, GL Pro dites di atas dynamometer merek Dyno Jet tipe 250i milik Sportisi Motorsport di Jl. Cempaka Putih, Jakpus. Catatan paling menonjol dari hasil pengetesan adalah pada kenaikan angka torsi.


Bila dalam kondisi standar 10,2 Nm/6.500 rpm, sekarang menjadi 16,18 Nm/5.400 rpm. Sementara catatan powernya kini nangkring di angka 15,08 dk/7.700 rpm (standar 11,3 dk/8.500 rpm). Wow...


Kenaikan angka torsi dan power pada motor Bemo Dwi Aryanto, tentu meninggalkan sebuah pertanyaan. Apa kira-kira yang sudah dilakukan Chumil, panggilan akrab Nasrudin Kamil? Tenang, mari kita bedah satu per satu.

 
Kruk as CB, lebih berat! Piston Tiger coakan klepnya diperdalam

Kruk As
Bawaan motor diganti pakai milik saudara tua, Honda CB 125 yang telah distroke-up 13 mm. Caranya, menggeser posisi big end sebanyak 6,5 mm. Konsekuensinya, saat pemasangan blok silinder mesti ditambah paking aluminium setebal 6,5 mm.
 "Kruk as ini dipilih karena punya bobot lebih besar dari bawaan motor, efeknya jelas, torsi jadi lebih besar. Karena tendangan bandul saat langkah kerja maupun buang lebih besar," terang Chumil.

Piston

Bawaan motor yang punya permukaan jenong diganti pakai milik Honda Tiger. "Dipilih karena permukaannya datar, agar kompresinya tidak ketinggian. Kalau ketinggian tenaga cuma enak di putaran bawah," lanjut bapak berputri satu ini.

Oh iya agar tak membentur klep, coakannya diperdalam 1 mm. Kalau dihitung dengan pemakaian piston standar (63,5 mm), sekarang volume silindernya mencapai 197,83 cc.

Noken As
Mengejar durasi lebih lama dan angkatan lebih tinggi, noken as diganti. "Mengandalkan milik Honda GL Pro CDI atau generasi platina," ujar pria 25 tahun ini. Menurutnya pemasangan juga gampang, hanya membubut dudukan laher disesuaikan dengan laher bawaan motor.

Pengapian
Bahan bakar yang masuk ke ruang bakar sudah banyak, jika tak terbakar sempurna tentu akan mubazir. Nah untuk itu timing pengapian dimajukan 3ΒΊ. Caranya, menggeser sensor pulser di magnet.

Kopling
Tenaga besar akan mubazir jika kopling selip, untuk mencegahnya pakai per kopling aftermarket yang punya karakter lebih keras. "Pilih yang untuk Tiger ya," tambah pria berkacamata ini.
Part dan jasa


Kruk as+ stroke up + balance
1,3 juta

Piston kit
145 ribu

Las + bubut magnet
85 ribu

Paking alumunium
150 ribu

Noken as merek Yukowino
125 ribu

Bubut piston
125 ribu

Paking full set
125 ribu
Per kopling marathon
75 ribu

Busi Autolite 18 ribu
Jasa 500 ribu
Total
2,548 juta

Data performa



standar
Upgrade
Kenaikan
Tenaga
11,3 dk / 8.500 rpm
15,08 dk / 7.700 rpm
3,78 dk
Torsi
10,2 nm / 6.500 rpm
16,18 nm / 5.400 rpm
5,98 nm
OSM
08888150672 / 08121-9492284


Penulis/Foto: Aant / Aant.
Selamat mencoba semoga berhasil, saya sendiri juga belum mencoba heee!!!

17 komentar:

  1. om klo tiger honda bisa gk pake nok as gl neotech n platuk klep sama gak? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Durasi beda... Tenaga motor berkuurang..

      Hapus
  2. Mas kalau mau majuin timing pengapian itu geser magnetnya kekiri apa kekanan, kalau saumpama kita berada di kiri motor dan menghadap ke magnet dg catatan kita gerinda spi magnet motornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jngan di gerinda bro maghnetnya buat majuin pengapian doang,itu tekhnologi jaman batu,sekarang udah jaman reformesi beli aja cdi racing harga gk sampe 500rb,buat liaran aja mah gk usah ganti2 krukas segala juga sayang duit n motor bro,saran porting polish in & ex ganti karbu venturi 26-28 yg ada power jet nya tapi yg ori di jamin nyoss bro,hasil tergantung portingan nya lho

      Hapus
  3. Wah masbro 2,5 jt mahal dan repot banget buat dongkrak tenaga segitu,sejatinya mesin gl 160 dengan tipe mesin overbore adalah mesin pemburu fu dan fixi lho mas,klo setandaran di tune up tanpa ganti onderdil aslinya sama sekali pun masih bisa imbangi nafasnya ninin 250 lho apalagi cuma fu std,wong karbunya kecil cuma 24 jadi gk bisa nafas panjang,solusinya remer aja karbunya,porting polish minimalkan lekukannya,papas kem 1 mm,gak juga gpp masih enak juga ko kem stdnya,cdi std aja,limitnya lumayan jauh,seher os 50,knalpot bobok,gir 14/38,pelk 17,ban 70/80 - 80/80,hasil tergantung banget sama porting polish nya,spek yg di atas adalah spek megi th 2004 ane yg tanpa naikin cc udah bisa barengin ninin 4 tak ber cc 250,klo ninin yg 2 tak sih ane gak berani,heheheh,salam

    BalasHapus
  4. om saya punya gl max 1983 udah cdi pengin naikin performa mesin rumusan par yang di perlukan apa aja nih ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat harian aman aja bro buat touring top speed bro enak di nafas panjang?,beli kop head tiger isi aja,ganti liner megapro neotek 160 cc + piston nya os berapa aja bebas yg penting os100 ke bawah,porting polish in 3 mm kasar ex 1 mm halus,cdi shogun kebo,bubut magnet 1,5 mm,karbu tiger recomended,pwl,pwk,venturi 26 aja cukup,finalgir ,depan 14-15 blkng 38-41 tentukan aja mana yg pas buat ente bro

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Kalau lobang kop dan karbu pro neotech udah di remer tp isi standargimana solusinya biar tarikannya enteng

    BalasHapus
  6. Mas mau tanya punya saya gl protech standart. Kalo diganti noken tiger gimana mas? Apakah ada perbedaannya maa?

    BalasHapus
  7. kebetulan nih pada ngomongin mtor cb dan sodaranya.. skalian saya mau tanya nih... saya pnya glpro 94(meain item). meain std tapi stelqn klepnya jeber mulu.. udh ganti yg ori hasilnya sama aja gitu lagi... kira2 apa penyebabnya ya

    BalasHapus
  8. Mahal amat gan, di jatim 1,5 jt dah beres tu. Bikin 200cc. Klo basic gl pro neotech gk bnyak yg dirubah

    BalasHapus
  9. Gan biar nafas panjang butuh part apa aja iya buat GL Pro tahun 1997. Punya saya daleman pakek askruk MP langkah 72 sama klep Tiger. Tapi nafasnya kurang panjang. Butuh solusi gan πŸ™

    BalasHapus