Minggu, 06 November 2011

Honda GL100, Mengacu H-D Sportster

Bengkel Herry Motor selama ini terkenal sebagai tempat ngemodif skubek. Sudah banyak hasil karyanya sakses jadi juara di berbagai contezt. Ini kali rupanya bengkel yang digawangi Bambang Winarto ini ingin juga memodifikasi varian selain skubek. Pilihannya jatuh pada GL100 dan acuannya mengarah pada Harley-Davidson (H-D). 

"Saya ingin tampilan yang x-treme. Awalnya banyak ide tapi akhirnya memilih tampilan layaknya sebuah H-D Sportster," kata Bambang menceritakan latar belakang pengerjaan ini. Hal itu juga karena dirinya merasa punya banyak referensi sehingga lebih gampang untuk mencoba memulai sesuatu yang baru ini.


Sudah pasti sebuah GL harus dirombak total jika ingin seperti ini. "Hanya menyisakan rangka bagian depan untuk tempat dudukan tangki dan pegangan mesin," kata pria 54 tahun ini. Bagian belakang sudah pasti dipapas habis.

"Rangka belakang hanya menyisakan sedikit buat dudukan jok," tambahnya. Jok cukup unik karena dibuat dari pelat besi yang kemudian dikrom. Sungguh menarik dan enggak pasaran. 
Permainan krom atau lapis verneckel seperti ini memang terlihat di beberapa bagian motor. "Sebab ingin membuat kesan motor ini lebih mewah dan modern. Salah satu jurusnya ya pakai krom tadi," lanjut pria bertubuh kecil ini.

Coba lihat lengan ayun. Swing arm custom ini juga terlihat mewah. Selain karena mengilap juga karena desainnya. "Ditiru dari gaya H-D di Eropa, bentuknya banyak yang dicustom seperti ini dan terbukti membuatnya tidaklah terlalu sulit," kata pemilik bengkel di Jl. Ciputat Raya No. 15, Jakarta Selatan ini.

Bambang membuatnya menggunakan pipa dengan ketebalan pelat 1mm. "Sedang diameter pipanya hampir 2 inci," ungkapnya lagi. Ciri paling khas dari desain ini ada pada bentuk melengkung. 
Bisa dikatakan semua hal yang berhubungan dengan roda dan suspensi kinclong. "Karena itu untuk bodi dibuat kontradiksi. Diberi sentuhan warna hitam dan merah lagi supaya jelas terlihat," lanjutnya lagi.

Memang bodi buatannya ini memang tidak terlalu banyak. Hanya tangki dan sedikit pada bagian cover engine. "Tangki dibuat, bahn bukan pakai limbah motor tua," bangganya.

Sedangkan di bagian bawah, mesin sedikit tertutup dengan cover minimalis. "Semuanya kita buat menggunakan pelat galvanis," mantapnya.

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Nylogrip 100/80-17
Ban belakang : Battlax 120/70-17
Pelek: Champ
Sok belakang: Jupiter MX
Sok depan: Custom
Footstep: Custom
HM: (021) 96829778

2 komentar: